Selasa, 25 November 2014

Mengenal Augustin Mouchot Tokoh Penggagas Energi Matahari


Augustin Mouchot lahir di Prancis pada 7 April 1825, beliau merupakan penemu awal mesin bertenaga matahari yang mengubah energi matahari menjadi penggerak bertenaga uap.
Di saat awal revolusi energi batubara adalah bahan bakar revolusi energi. Mouchot percaya suatu hari batubara akan habis. Diperlukan ide alternatif untuk sumber energi baru.
“The world will someday run out of coal, but the magnificent Sun will always be there for us."
Pada tahun 1960 beliau mulai mengeksplorasi solar cooking yang terlebih dahulu dikerjakan oleh  Horace-Bénédict de Saussure dan Claude Pouillet. Eksperimen lebih lanjut Mouchot menggunakan panci kaca berisikan air yang dipanasi oleh cahaya matahari hingga mendidih. Kemudian Mouchot menemukan air yang mendidih itu mengeluarkan uap yang dapat digunakan untuk mesin uap kecil. Itulah yang menjadi dasar dari teknologi energi matahari.
Pada tahun 1866 Mouchot mengembangkan parabola pengumpul cahaya matahari yang pertama. Cara ini membuat cahaya matahari terkumpul lebih banyak. Sukses dengan prototipe tersebut Mouchot berambisi untuk membuat mesin uap matahari yang lebih besar. Dia juga sempat menulis buku La Chaleur solaire et ses Applications industrielles (Panas Matahari dan Aplikasi Industri) yang berisikan pemanfaatan energi matahari termasuk mesin uap matahari terbesar yang belum pernah dibuat. Mesin tenaga matahari terbesar itu di pamerkan di Paris hingga Paris di serang dan setelah perang mesin tersebut tidak ditemukan.
Ada sebuah penemuan unik yang beliau buat yaitu memproduksi es dengan panas matahari. Sebuah terobosan yang bisa dianggap mustahil pada masa itu. Bagaimana mungkin panas matahari yang melelehkan es justru bisa digunakan untuk membuat es. Teknologi itu di pamerkan di Universal Exhibition di Paris dan memenangkan medali emas Class 54 atas karyanya.

Ilustrasi Pemanfaatan Solar Energi
sumber: Cosmos A Space time Odyssey episode 12 


Setelah ditemukan sistem transportasi yang lebih baik harga batubara dinilai lebih murah daripada tenaga matahari. Pemerintahan Prancis menganggap energi matahari tidak ekonomis dan penelitian Mouchot tidak lagi penting dan pendanaanya dihentikan. Mouchot kembali mengajar hingga meninggal pada tahun 1911 di Prancis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts