Kamis, 26 November 2015

Mengurangi goresan pada lensa Xiaomi Yi

Action camera sedang populer, kebanyakan hanya  untuk selfie namun juga banyak yang digunakan untuk kegiatan ekstrem. Kepincut beli karena dapat penempatan SM-3T di Riung yang juga jadi lokasi Taman Laut 17 Pulau Riung. Butuh kamera yang bisa dipakai dalam air. Akhirnya beli yang murah xiaomi yi. Yang namanya action camera ya harusnya dipakai untuk kegiatan yang lumayan berat. Walaupun didesain untuk kegiatan yang cukupberat terkadang juga bisa rusak dari sekedar lecet sampai remuk. Salah satu masalah adalah kegoresnya bagian lensa dan ini sangat mengganggu membuat kualitas gambar menurun. Berikut contohnya:

di bagian tengah sedikit blur

Kamera ini baru dibeli beberapa bulan lalu sudah dipakai untuk guling-guling di lereng gunung dan beberapa kali nyelam. Resiko rusak makin gede tapi tidak bisa dipungkiri kegiatan ekstrem wajib didokumentasikan. Awal November lalu main ke taman laut waktu nyelam pertama masih oke, keasikan ambil gambar sampai baterainya habis, akhirnya di charge pakai powerbank masukin dalam tas. Nah ini yang bikin lensanya kegores L
Daripada beli spare partnya yang entah ada yang jual atau tidak lebih baik usaha dulu diberiskan pake cara sederhana ini:
1.       Siapkan lap yang sangat halus lebih baik pakai lap microfiber, pasta gigi dan minyak kayu putih.
2.       Buka cover depan kamera dan cover lensanya
3.       Oleskan pasta gigi kemudian gosok dengan lap secara perlahan memutar searah jarum jam. Ingat secara perlahan.
4.       Gosok terus hingga goresannya hilang. Cara ini memakan waktu yang tidak sedikit jadi harus benar-benar sabar bisa 30 menit lebih.
5.       Setelah dirasa cukup oleskan minyak kayu putih dan gosok lagi dengan lap yang masih bersih sampai terlihat mengkilap.
6.       Sekarang tinggal dites dengan memfoto objek yang jauh dan objek yang dekat. Jika masih ada titik yang ngeblur ulangi langkah diatas.
Berikut perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan pembersihan.
Sebelum:

 Sesudah:


Semoga cara ini bisa bermanfaat. Cara ini juga bisa untuk goresan pada layar hp dan lensa-lensa lainnya.. Seandainya kurang puas dengan hasilnya bisa beli kamera baru toh harganya juga tidak terlalu mahal.

1 komentar:

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts