Sabtu, 13 Desember 2014

Proyeksi Kebutuhan Energi 2050

Kebutuhan energi per orang semakin meningkat. Data dari US. Energy Information Administration menunjukkan kebutuhan energi per orang meningkat hampir 6 kali kebutuhan energi sekarang. Dengan menipisnya cadangan minyak dunia diperlukan sumber energi alternatif untuk menggantikan minyak bumi dan untuk memenuhi peningkatan konsumsi energi di masa mendatang.

Data tahun 2000 dan 2005 sumber IEA(2007), Proyeksi tahun 2010-2050 menggunakan asumsi pertumbuhan energi 4.6% pertahun dari sumber US. Energy Information Administration
Ada 3 skenario untuk memenuhi kebutuhan energi tersebut
1. Skenario tanpa nuklir
Skenario ini tanpa memasukan pembangkit listrik tenaga nuklir sebagai sumber energi.
2. Skenario dasar
Skenario dasar memasukan opsi energi nuklir dan energi nuklir baru digunakan setelah tahun 2025.
3. Skenario optimasi
Skenario ini memasukan opsi energi nuklir yang akan bersaing dengan sumber energi lain dalam sistem energi nasional.
40% karbon dioksida dihasilkan oleh pembangkit listrik, perubahan iklim
Untuk mengurangi perubahan iklim dan memenuhi kebutuhan listrik kebijakan yang dilakukan
1. Hemat energi
2. Mengembangkan sumber energi ramah lingkungan
3. Mengamankan pasokan energi yang dapat diandalkan dengan harga yang kompetitif.
Dengan tidak memasukan energi nuklir sebagai opsi untuk memenuhi tujuan mengurangi karbon akan menjadi lebih mahal.

sumber: EOCD Nuclear Energy Agency
Berdarkan bagan diatas dapat dilihat kalau nuklir adalah energi yang paling rendah carbon bahkan mampu bersaing dengan angin. Sehingga energi nuklir dapat dimanfaatkan untuk menangani pemanasan global.
Apabila tidak memasukan energi nuklir ke dalam skenario penggunaan energi dikhawatirkan akan menyebabkan pemanasan global dan perubahan iklim semakin parah. Namun juga tidak dapat dipungkiri kalau energi nuklir adalah energi yang berbahaya terutama dampak radiasinya yang dapat merusak lingkungan. Namun dengan perkembangan teknologi reaktor nuklir kini semakin aman.
Kejadian seperti meledaknya reaktor di Chernobyl dan kebocoran reaktor di Fukushima menjadi pelajaran yang sangat berharga mengenai apak radiasi nuklir. Perkembangan pembangkit tenaga nuklir yang kini sedah mencapai generasi keempat diharapkan mempunyai tingkat keamanan yang lebih baik, sehingga kejadian seperti di Chernobyl danFukushima tidak terulang di masa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts