Sabtu, 15 November 2014

Mendaur Ulang Baterai Laptop

Baterai laptop cepat habis? atau sudah tidak terdetaksi sama sistem? berikut solusi daripada membuang baterai tersebut.

Baterai adalah salah satu komponen aksesoris gadget yang sering bermasalah. Umur baterai paling hanya bertahan 2-3 tahun saja atau kadang dalam 6 bulan sudah rusak. Pada Laptop berdasarkan pengalaman kalau pakai baterai yang original dulu bertahan sampai 3 tahun kemudian karena baterai yang ori itu mahal ganti pakai yang kw dengan harga setengahnya. Yah namanya juga kw pasti kualitasnya lebih jelek cuma bertahan sekitar 1 setangah tahun.

Dulu pernah penasaran kalau baterainya diganti cell-nya lihat tutorial di youtube kelihatannya gampang ternyata susahnya minta ampun. Baterai laptop biasanya terdiri dari 6 buah cell baterai dengan ukuran 18650 yang diparalel 2 buah kemudian di seri. Setiap baterai laptop normal mempunyai tegangan sekitar 4 volt. Kalau berkurang sampai 2 volt itu masih wajar paling hanya karena daya baterai sudah terkuras habis. Pemasangan baterai biasanya dipasang dengan teknik khusus semacam dilas pakai plat, teknik pemasangan ini yang sulit untuk diakali saat hendak mengganti cell baterai. Berhubung gagal daripada mubazir kenapa tidak dimanfaatkan untuk kebutuhan lain misalnya power bank.

Baterai laptop yang rusak ada tiga kemungkinan yang pertama bagian elektroniknya rusak, yang kedua cell baterainya rusak, ketiga dua-duanya rusak. Kalau cell baterainya yang rusak ada kemungkinan tidak semua baterai rusak mungkin hanya beberapa saja yang rusak. Cara mengetahui kondisinya cukup diukur pakai volt meter kalau tegangannya 2-4 volt berarti masih bisa dipakai. Berikut langkah-langkah untuk mendaur ulang baterai laptop.

1. Baterai laptop yang rusak kita bongkar
baterai utuh kita bongkar pakai cutter berikut hasilnya 
disini kita mendapatkan 6 buah cell batterai

2. Cek tegangan baterai, gunakan voltmeter untuk mengukur tegangan cell baterai. Apabila tegangannya 2-4 volt berarti baterai masih bisa digunakan, kalau kurang dari itu sebenarnya masih bisa dipakai tetapi jangan dipakai untuk alat elektronik cukup untuk mengidupkan LED atau senter saja.
tegangan cell tersebut hampir 4 volt berarti masih baik.
3. Lepaskan bagian elektronik dan pisah-pisahkan baterai menjadi satu cell dan dipilih yang masih bagus baik fisik maupun tegangannya.

4. Sekarang tinggal kreativitas kita untuk memanfaatkannya. Berikut contohnya:
  • Sebagai penerangan cukup beli LED super bright beberapa buah dan resistor. 4 Buah baterai yang sudah tidak bagus tagangannya sudah nggak nyampai 2 volt cukup untuk menyalakan 3 buah LED super bright selama beberapa hari, kalau cuma untuk naik gunung sudah cukup sampai turun lagi.
  • Digunakan untuk power bank. Cell baterai yang masih bagus tinggal di seri untuk mendapatkan tegangan 7,4 volt kemudian pakai regulator tegangan IC 7805 dan port usb sudah bisa dipakai untuk power bank. kelemahan rangkaian ini adalah efisiensinya rendah. Ada solusi yang lebih baik yaitu beli perangkat power bank kemudian kapasitasnya kita tambah pakai baterai bekas tadi atau beli power bank eser yang bisa diganti baterainya.
Keuntungan pakai eser lebih praktis daripada powerbank konvensional dan lebih murah karena kita pakai cell baterai bekas. kalau beli kosongan harga sekitar 80-120 ribu saja. Bisa order online atau lewat saya juga bisa :p

Demikian tips daur ulang baterai laptop, semoga bermanfaat. Mari kita jaga bumi kita dengan kreativitas mendaur ulang. salam 3R reduce reuse recycle.

3 komentar:

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts