Kamis, 20 November 2014

PLTMH Semawung Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro Percontohan di Kulon Progo

Program energi bersih yang menjadi solusi menghadapi perubahan iklim. Pembangunan pembangkit listrik dengan konsep renewable energy sedang ramai dikembangkan di negara-negara maju. Begitu juga bagi negara berkembang seperti Indonesia pengembangan sumber energi terbarukan juga mulai digiatkan.
PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro kini telah ada di Daerah istimewa Yogyakarta. Pembangkit ini terletak di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Dusun Semawung, Desa Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang. Walaupun belum beroperasi diharapkan pembangunan pembangkit tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

PLMTH yang pertama di DIY mulai dibangun pada 16 Mei 2013 direncanakan akan menjadi pembangkit percontohan di DIY-Jateng. Rencananya Pembangkit ini mempunyai kapasitas sampai 600 kilo watt dan listriknya akan dijual kepada PLN dan sebagian untuk dinikmati warga sekitar. Dengan kapasitas sebesar 600 kw pembangkit itu sudah cukup untuk menerangi sekitar 600 rumah tinggal.

Bangunan Instalasi Pembangkit

Ada yang sedikit unik dari pembangkit ini karena tidak terdapat bendungan untuk membedung sungai. Sungai yang digunakan untuk sumber tenaga juga bukanlah sungai alami melainkan saluran irigasi Kalibawang yang mempunyai hulu yang sama dengan selokan mataram yaitu di Bendungan Ancol.
Potensi energi tenaga hidro yang bisa diperoleh dari saluran-saluran irigasi sangat besar. Namun potensi tersebut belum dimanfaatkan. Selain berguna untuk pertanian kenapa kita tidak sekalian memanfaatkan saluran irigasi sebagai sumber energi.

Aliran air yang digunakan untuk pembangkit

Saat mengunjungi lokasi PLTMH  Simawung pada tanggal 19 November 2014 belum terlihat aktivitas operasional di pembangkit tersebut. Di Lokasi hanya terdapat seorang petugas penjaga dan tidak terdengar suara bising dari generator. Semoga pembangkit ini bisa segera beroperasi. Dan Ke depannya dapat dibangun PLTMH serupa di daerah-daerah lain, mungkin juga bisa di bangun di saluran selokan mataram yang juga bersumber dari Bendungan Ancol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts