Senin, 24 November 2014

Ada Batubara di Kulon Progo

Dulu waktu pertama kali ke Grojogan Sewu, Girimulyo, sempat penasaran dengan lapisan hitam dipinggir jalan. Lapisan hitam tersebut mirip sekali dengan batubara. Belum pernah dengar cerita kalau ada kandungan batubara di Kulon Progo dan pastinya kalau masyarakat sekitar tahu pasti sudah habis dipakai untuk masak. Jadi batuan hitam itu urung ku ambil.

Kemarin waktu ke Grojogan Sewu lagi rasa penasaran itu muncul lagi, namun karena tanahnya basah jadi ragu untuk mengamati secara detil. Baru setelah dari curug ku dikati batu tersebut dan kuambil secuil. Batu itu seperti arang namun keras dan berwarna hitam mengkilap persis seperti batubara yang dipakai di PT Primissima (tempat praktek industri waktu semester 4). Karena penasaran ku bawa pulang secuil batu tersebut untuk diuji di rumah.

Batu tersebut diuji dengan cara yang paling sederhana yaitu dibakar. Kalau batuan tersebut batubara apabila dibakar pasti akan menyala sedangkan kalau batuan tersebut bukan batubara maka tidak akan menyala.


Bara api terlihat dan bau bakaran pun tercium persis bau di ruang pembakaran boiler PT Primissima. Jelas sekali bahwa batuan hitam itu adalah batubara. Apakah ada cadangan batubara di pegunungan menoreh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts