Rabu, 19 November 2014

Hujan-hujanan di Embung Banjaroya

Embung atau sering juga di sebut waduk mini adalah sebuah tempat penampungan air. Tujuannya adalah untuk mengairi perkebunan di sekitarnya dan punya efek samping sebagai tempat wisata. Posisinya yang berada di pegunungan dan taman yang dibuat menarik menjadikan embung sebagai tempat wisata alternatif.

Orang yang tinggal di sekitar Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan Embung Nglanggaran yang sudah terkenal. Selain di Nglanggeran juga ada beberapa embung di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta, salah satunya adalah Embung Banjaroya yang terletak di Dusun Tonogoro, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo.

Embung Banjaroya merupakan program CSR dari salah satu BUMN yang dibangun bekerja sama dengan kelompok tani. Embung ini difungsikan untuk mengairi perkebunan di daerah tersebut. Siapa yang tidak mengenal kelezatan durian kuning menoreh nah disitulah perkebunannya.
Dengan adanya embung ini pasti dapat meningkatkan produksi durian di sekitar Banjaroya. Ngomongin soal durian kalian harus nyoba durian kalibawang yang menurutku salah satu durian yang paling lezat (padahal bukan maniak makan duren). Di Kalibawang sendiri juga selalu diadakan festival durian setiap tahun. Festival itu diadakan di Pasar Bendho.
Kalau ingin ke lokasi kalian langsung aja ke jalan Godean ke Barat sampai Nanggulan. Dari perempatan Nanggulan ambil ke arah kanan ke arah jalan alternatif ke Magelang. Sampai di perempatan Dekso masih terus ke utara kalau kalian sampai parkiran Borobudur berarti kalian kebablasan. Ikuti aja jalannya sampai di daerah Rest Area Pasar Bendho ambil ke kiri. Ikuti saja tanjakan tersebut sampai ke Lokasi.
Setelah sukses membujuk Rahman, Ndaru dan Risdam langsung menuju lakasi. Bermodalkan insting dan info kami mencari lokasi dan sampai di lokasi saat terjadi hujan petir. Kondisi tersebut membuat kami takut karena Embung itu adalah lokasi tertinggi di daerah tersebut berarti kalau ada petir menyambar lokasi itulah yang paling berbahaya. Semoga ke depannya dipasang instalasi penangkal petir sehingga pengunjung aman.


Sekedar tips kalau kalian jauh-jauh dari daerah lain dari Embung Bajaroya coba lurus aja lewati jalan tersebut kalian akan sampai di Puncak Suroloyo yaitu puncak tertinggi di Pegunungan Menoreh

2 komentar:

  1. Ternyata kalau pas hujan air embungnya jadi coklat... iya ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hujan atau tidak tetep coklat keijioan mas, lha wong malah jadi kaya kolan ikan

      Hapus

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts