Minggu, 22 Februari 2015

Memanen Energi Angin Secara Langsung

      Sumber energi angin adalah sumber energi alternatif yang diimpikan oleh setiap orang. Energi angin menawarkan energi yang bersih dan murah. Walaupun mempunyai berbagai kekurangan seperti intensitas kecepatan angin yang tidak stabil, berisik dan butuh ruang yang lapang pengembangn energi angin terus dilakukan. Berbagai inovasi dilakukan untuk mengatasi keterbatasan tersebut ada yang menciptakan kincir angin terbang ada pula yang berinovasi dengan memanfaatkan sifat elektro statis.

      Johan Smit dan Dhiradi Djairam dua orang ilmuan dari Universitas Teknologi Delf mengembangkan projek bernama Ewicon (Electrostatic Wind Energy Converter). Berbeda dengan pembangkit tenaga angin konvensional yang mengkonversi energi angin menjadi energi gerak untuk menggerakkan generator untuk menghasilkan energi listrik, teknologi ini mengkonversi secara langsung energi angin menjadi energi listrik. Keuntungan dari metode ini adalah tidak menghasilkan suara bising seperti pada kincir angin sehingga dapat diletakkan di perkotaan tanpa mengganggu kegiatan masyarakat.

     Ewicon memanfaatkan sifat elektro statik untuk memproduksi listrik. Electro statik memindahkan elektron melalui gesekan seperti saat kita menggosok mistar dengan rambut atau kain hingga dapat menarik partikel karena sifat elektro statik. Pemenfaatan sifat elektro statik ini digunakan untuk menggerakan muatan listrik dengan bantuan angin. Model yang telah dibuat berupa prototype frame baja dengan 40 tabung isolasi. Cara kerjanya setiap tabung akan menyemprotkan partikel air, partikel air ini merupakan muatan positif yang mengalir diantara nozzle dan elektroda. Muatan positif bergerak ke anode dan muatan negatif didorong oleh angin menjauhi partikel positif sehingga menghasilkan perbedaan potensial. Perbedaan muatan antara positif dan negatif inilah yang menghasilkan energi listrik.

      Sebuah model telah dibangun di Universitas Teknologi Delf. Untuk membangun dengan skala penuh dibutuhkan lebih banyak lagi pendanaan. Teknologi ini diintegrasikan dengan baterai, inverte dan HVDC (High Voltage Direct Current) serta sistem pompa dan sistem charger sehingga dapat digunakan secara luas.


sumber: wonderfulengineering.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts