Jumat, 06 November 2015

Taman Laut 17 Pulau Riung


Taman Laut 17 Pulau terletak di Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya jumlahnya bukanlah 17 Pulau namun nama itu lebih mudah untuk diingat.  Tempat ini bisa diakses dari Bajawa maupun Ende menggunakan oto (kendaraan umum) dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan. Perjalanan cukup melelahkan karena jalan melewati pegunungan dan banyak jalan yang rusak. Selain itu juga bisa ditempuh melalui pelabuhan Marapokot jika menggunakan kapal kemudian lewat jalur darat sekitar 1 jam perjalanan.
Setelah sampai di Riung untuk menuju ke taman laut menggunakan kapal yang tersedia di Pelabuhan Wisata (Nagamese). Sewa kapal cukup murah sekitar 350-400 ribu rupiah untuk 1 kapal yang bisa disewa seharian ke berbagai pulau. Selain itu juga tersedia penyewaan peralatan snorkling jika ingin menikmati keindahan bawah lautnya.
Pulau yang biasa dikunjungi adalah Pulau Kelelawar, Pulau Rutong dan Pulau Tiga.Pulau keleawar dalah pulau tempat tinggal ribuan kelawar sehingga dinamakan pulau kelelawar. Sedangkan pulau Rutong dan Pulau Tiga adalah pulau dengan pasir putih dan karang yang bisa digunakan untuk bermain dipantai, bakar ikan atau sekedar bersantai.
Tips untuk berkunjung ke taman laut adalah
1. Berangkat sepagi mungkin usahakan jam 6 pagi sudah siap jalan ke pulau.
2. Pilih waktu setelah bulan purnama saat laut sedang surut sehingga bisa lebih mudah mengamati keindahan biota lautnya.
3. Bawa bekal makanan dan minuman, bisa juga menyiapkan ikan untuk dibakar di Pulau.
4. Sewalah peralatan untuk snorkeling (kaca mata dan pelampung)
5. Ajaklah kawan sebanyak mungkin karena biaya sewa adalah perperahu yang cukup untuk 15 orang.

Berikut adalah foto dari berbagai lokasi di Taman Laut 17 Pulau.

Pantai:
Pantai Pulau Tiga

Pantai Pulau Rutong
Pulau Kelelawar:

Snorkeling

Keindahan bawah laut


*Blog edisi SM-3T
Singgih Yuntoto
Guru SM-3T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts