Sabtu, 07 Maret 2015

Tomtato Tanaman Berbuah Tomat dan Berumbi Kentang


Membuat sebuah pohon dengan berbagai jenis hasil sepertinya sulit dilakukan tanpa modifikasi genetik yang berbahaya. Namun siapa sangka produk tumbuhan yang mampu menghasilkan buah tomat dan kentang ini sama sekali tanpa melibatkan rekayasa genetik. Produk yang diberi nama Tomtato yang diambil dari kata Tomato (tomat) dan Potato (ketang) ini merupakan penggabungan antara pohon kentang dengan tomat melalui metode grafting (penyambungan).

Kentang dan tomat merupakan tumbuhan satu keluarga, kedua tumbuhan mempunyai banyak sekali kesamaan bahkan dapat dilakukan grafting atau penyambungan. Pada dasarnya penyambungan antar spesies tumbuhan sudah dilakukan sebelumnya contohnya adalah penyambungan tanaman kaktus untuk taman. Syarat kedua jenis tumbuhan bisa digabungkan yaitu tumbuhan tersebut merupakan satu family sehingga memiliki banyak kesamaan.

Kesulitan dari teknik ini adalah menemukan kecocokan antara kedua tanaman. Terkadang tanaman tersebut satu family namun mempunyai habitat yang sangat berbeda jadi tidak dapat disambungkan. Perlu teknik khusus yang sangat hati-hati agar penyambungannya dapat berhasil. Thompson and Morgan sebuah perusahaan tanaman yang sukses membuat produk tomtato secara komersial mengatakan butuh penelitian selama 15 tahun untuk menemukan jenis tomat dan kentang yang cocok untuk disambungkan.

Keunggulan dari metode ini adalah efisien dan memaksimalkan produksi tanaman pada lahan yang sempit seperti di perkotaan. Selain itu jumlah pekerja bisa dikurangi karena hanya merawat tanaman yang lebih sedikit dilahan yang lebih sempit. Teknik ini juga dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap bakteri, virus dan jamur.

Teknik ini sangat cocok dikembangkan pada lingkungan perkotaan. Selain hemat ruang juga bisa untuk menambah penghasilan atau mengurangi pengeluaran. Sayang di Indonesia belum ada yang mampu memproduksinya.

sumber gambar: www.gizmag.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts