Senin, 08 Desember 2014

Ilmuan Australia Mengumumkan Terobosan Sumber Energi Matahari dengan Efisiensi 40%


Senin tadi ilmuan Australia mengatakan mereka berhasil membuat terobosan untuk meningkatkan efisiensi solar panel, yang mana mereka berharap teknologi ini dapat mendorong sumber energi terbarukan yang lebih murah.

Universitas New South Wales (UNSW) memperkenalkan pertama kali penelitian yang mampu mengkonversi lebih dari 40% cahaya matahari menjadi energi listrik. Profesor Martin Green mengatakan "Ini adalah efisiensi tertinggi yang pernah dilaporkan untuk konversi cahaya matahari menjadi listrik"

Mereka menggunakan solar  sel konvensional namun menggunakan cara baru untuk meningkatkan efisiensi untuk industri tenaga matahari. Metode tradisional menggunakan sebuah solar sell yang membatatasi konversi cahaya matahari tidak lebih dari 33%, teknologi baru ini memisahkan sacaya matahari kedalam empat sel yang berbeda yang mana dapat meningkatkan level konversinya.

Rekor efisiensi tersebut telah diuji di Sydney dan direplikasi oleh Pemerintah Amerika Serikat di Nasional Renewable Laboratory. Prototipe teknologi ini telah digunakan oleh perusahaan Autralia RayGen Resource untuk menara tenaga matahari yang menggunakan traking matahari untuk memfokuskan cahaya pada gedung yang tinggi.

Peningkatan efisiensi ini dapat mengurangi biaya sumber energi terbarukan, mungkin dalam satu dekade sumber energi matahari akan lebih murah dibandingkan batubara.

sumber france24.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts