Senin, 29 Desember 2014

Si Bunga Bangkai Sumber Karbohidrat

Bunga Bangkai di Objek Wisata Talunombo

Bunga bangkai adalah bunga yang terkenal berukuran sangat besar dan bau, namun siapa sangka bunga bangkai ini adalah sumber karbohidrat. Bunga bangkai yang di sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal dengan Suweg ini memiliki nama latin Amorphophallus paeoniifolius. Tanaman ini mempunyai bentuk dari luar batang semu yang berupa daun dengan batang yang berwarna hijau dengan motif bercak-bercak. Sedangkan di dalam tanah tanaman ini merupakan sebuah umbi yang cukup besar. Sedangkan Bunganya berukuran sekitar 50 cm dengan warna dominan merah dan hijau muda dan tidak berbau menyengat.

Seperti bunga bangkai yang lain tanaman ini tidak selalu berbunga setiap tahun, Hanya pada saat-saat tertentu yaitu saat musim penghujan dimulai dan dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Sangat sulit menemukan tumbuhan ini saat berbunga, beruntung sekali saat mengunjungi Objek wisata di Talunombo bunga ini sedang mekar.

Suweg ini mempunyai umbi yang bisa dimakan. Umbinya bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Rasanya tawar seperti umbi-umbi yang lain dengan sensasi lengket dan agak terasa gatal di tenggorokan. Umbi ini bisa dibakar, direbus , dibuat makanan olahan, atau dikombinasikan dengan makanan lainnya.
Suweg dan ubi ungu sebagai ganti ketupat
Pangan lokal itu penting, sering posting foto makanan luar tetapi gak pernah posting foto pangan lokal itu kurang tepat. Cintai pangan lokal selamatkan petani dan keanekaragaman pangan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts