Selasa, 16 Desember 2014

WaveNET Generator Apung Pembangkit Listrik Tenaga Ombak


Albatern sebuah perusahaan energi alternatif yang berlokasi di Skotlandia mencoba membuat modul putaran untuk pembangkit energi terbarukan. WaveNet adalah sebuah kumpulan unit generator berbentuk seperti cumi-cumi terapung, memanen energi dari ombak seperti lengan terapung yang naik dan turun mengikuti gerakan ombak. Setiap unit bisa terhubung ke beberapa induk untuk membuat gerakan yang lebih besar dan lebih efisien serta fleksibel dari berbagai arah sehingga da[at memanen energi lebih banyak dari berbagai arah gerakan ombak. Albatern mempunyai target dalam 10 tahun akan membangun 1,23 km generator apung yang dapat menghasilkan energi 100 megawatt pada tahun 2024.

Setiap unit induk WaveNET berfungsi sebagai titik pusat yang mempunyai tiga buah lengan. setiap lengan dihubungkan dengan unit pompa sehingga setiap gerakan lengan dapat menghasilkan energi hidrolik.

Pada sebuah titik apung setiap unit induk dapat dihubungkan satu sama lain. Dengan terhubungnya setiap titik dapat menghasilkan energi dari setiap gerakan secara 3 dimensi x, y, dan z. Sekarang setiap gerakan ombak setiap titik akan bergerak bersama dan saling mendorong dan menarik satu sama lain menghasilkan energi.


Albatern yakin dalam waktu 10 tahun dapat membangun WaveNET dengan kapasitas 100 megawatt dengan 135 unit berukuran 24 meter. Biaya sumber energi ini diperkirakan sekitar 160-235 dolar per MWh yang mana lebih tinggi daripada sumber energi terbarukan yang lain.

sumber: wonderfulengineering.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts