Jumat, 26 Desember 2014

Masih di Girimulyo: Curug Kembang Soka

"Kulon Progo The Jewel of Java" tagline promosi Kabupaten Kulon Progo yang sudah ada sejak era Bupati Pak Toyo yang terdengar begitu fantastis namun Kulon Progo punya apa? Paling cuma Pantai Glagah sama Waduk Sermo. Mungkin maksud dari filosofi jewel atau mutiara itu adalah sebuah benda yang indah namun terpendam di dalam lautan tertutup kerang dan sulit ditemukan. kalau dipikir juga ada benarnya banyak objek wisata tersembunyi yang ternyata juga seindah mutiara.

Curug yang pertama
Kecamatan Girimulyo yang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia giri= gunung dan mulyo itu artinya makmur/kaya namun Girimulyo sebuah kecamatan miskin nan terpencil. Walau begitu Girimulyo bagaikan kerang yang menyimpan mutiara sebut saja Goa Kiskendo, Grojogan Sewu, Waduk mini Embung Kleco Ngesong, Curug Setawing ada juga yang belum terkenal Curug Kembang Soka. Curug Kembang Soka terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo.

Curug Kembang Soka terdiri dari dua buah curug besar
Curug dari kejauhan

Curug yang kedua
Untuk menuju lokasi ada beberapa jalan bisa lewat waduk sermo terus ke kalibiru terus ke daerah jatimulyo (arah ke Pringtali). Kalau lewat Wates bisa dari Clereng ke Utara terus ke arah Pring tali (pertigaan sebelum masjid yang ada jembatanya ambil lurus ke jalan yang kecil). Kalau dari Nanggulan bisa mengikuti rute ke Goa KIiskendo atau Grojogan Sewu terus ambil arah ke Gunung Kelir.

Lebih baik sering-sering tanya karena kalau kesasar bisa sampai ke Purworejo (pengalaman probadi). Di sana juga ada beberapa warga yang dengan senang hati menjadi pemandu ke lokasi

Walaupun mutiara itu indah namun kalau rusak pasti tidaklah indah lagi. Blusukan juga harus ramah lingkungan. Pegunungan Menoreh harus terus dijaga jangan sampai ada pihak yang mengambil banyak keuntungan namun merusak.

*gambar dan cerita kiriman dari kakak yang baru saja ketularan hobi blusukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts