Kamis, 04 Desember 2014

Energi Matahari dan Energi Angin Mulai Menang Melawan Harga Bahan Bakar Konvensional

Sudah lama industri energi matahari dan angin mengimpikan produksi energi dengan biaya yang sebanding dengan bahan bakar konvensional seperti batubara dan gas alam. Hari di mana mimpi tersebut tercapai sepertinya kian dekat. Biaya produksi listrik dari energi matahari dan angin kini lebih murah daripada batubara atau gas alam.

Tren penggunaan sumber energi terbarukan semakin meningkat dengan beberapa perusahaan yang menandatangani kontrak dengan harga di bawah gas alam. Nilai kontrak juga semakin murah di daerah dengan intensitas angin dan cahaya matahari yang tinggi. Subsidi energi yang akan dikurangi atau diakhiri membuat sumber energi terbarukan kian kompetetif

Di Texas, Austin energi menandatangani kontrak pembangunan solar farm dengan harga kurang dari 5 cent (USD) per kWh dengan output energi selama 20 tahun. Kemudian Pemerintah Gand River Dam di Oklahoma menyetujui untuk membangun pembangit listrik tenaga angin. Kesepakatan tersebut mampu menghemat anggaran sampai 50 juta USD.

Berdasarkan studi investasi oleh bankir biaya sumber energi matahari lebih rendah dari 5,6 cent (USD) per kWh dan angin lebih rendah dari 1,4 cent per kWh. Dibandingkan gas alam yang mencapai 6,1 cent per kWh atau batubara yang mencapai 6,6 cent per kWh. Apabila tampa subsidi analis menghitung biasa energi matahari sekitar 7,2 cent per kWh dan energi angin 3,7 cent.

Berdasarkan Solar Energy Industries Association biaya energi marahari dengan jangka kontrak yang panjang dan skala besar telah turun lebih dari 70% sejak tahun 2008. Biaya semakin turun namun pemerintah Indonesia masih mencintai batubara. Mungkin seandainya kita mampu memproduksi sendiri jelas sumber energi terbarukan adalah solusi yang lebih mulia daripada menaikkan harga BBM.

sumber: The New York Times

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts