Sabtu, 20 Desember 2014

Curug yang baru diberi nama Curug Setawing di Jongrangan

Seperti biasa nemu info dari internet langsung cuss sebelum di dahului orang, Kebetulan ada orang yang menginfokan ada stasiun TV lokal yang sedang meliput sebuah curug di daerah Jongrangan. setelah dapat ancer-ancer langsung ngumpulin massa untuk berburu bidadari mandi.

Curug Setawing atau juga sering dikenal dengan curug Jongrangan adalah sebuah curug musiman hanya ada saat musim penghujan. Karena musiman itulah warga sekitar tidak berani mempromosikan segencar Grojogan Sewu. Ketika bertanya dengan pemilik warung pemilik warung sempat bingung ketika tanga dimana lokasi Curug Setawing. Padahal lokasi warung tidak lebih dari 200 meter dari lokasinya. "lho sudah dikasih nama to curugnya" itulah yang dikatakan sang pemilik warung ketika menyodorkan gambar postingan orang di group facebook Kulon Progo.

Menurut penuturan pemilik warung Curug Setawing lebih dikenal dengan curug jongrangan karena lokasinya tepat di daerah Jongrangan, bahkan beliau juga baru tahu kalau curug tersebut sudah dikasih nama. Setelah memasuki gerbang masuk dengan turunan yang agak tajam bertemu dengan bapak-bapak pencari rumput yang cepat tanggap bersedia mengantar sampai ke curug. Dari jalan raya tidak terlalu jauh sekitar 150 meter melalui jalan setapak menurun. Warga sekitar juga sudah memasang petunjuk walaupun seadanya dengan potongan kardus namun cukup membantu.

Di lokasi ada sebuah rumah warung yang bisa dipakai untuk menitipkan kendaraan. Setelah itu jalan kaki melewati pinggiran sawah sekitar 50 meter. Bunyi gemercik air sudah mulai terdengar namun curugnya belum keliatan ternyata curug itu agak tersembunyi di pinggir jalan.

Di Curug ini sangat aman untuk mandi, kedalaman air sekitar 50 cm dengan aliran air yang tidak cukup deras jadi aman. Air pegunungan sangat terasa segar cukup untuk melepas lelah atau stress akibat kesibukan. Saran selalu bawa ganti saat pergi kecurug. Di bagian tengah curug juga terdapat sebuah goa kecil yang cukup untuk tiga orang. Untuk sampai ke goa harus naik setinggi kurang lebih 3 meter jadi harus ekstra hati-hati.

Daritadi nulis tentang curug namun lokasinya belum. Curug Setawing. Curug ini lokasinya relatif lebih mudah jika dibandingkan Dengan Grojogan Sewu yang sedang populer, arah menuju lokasi juga sama bahkan di dekat curug juga ada spanduk arah ke Grojogan Sewu. Arah paling mudah adalah melalui Kentheng Nanggulan ke barat mengikuti jalan besar sampai di Pasar Jongrangan lalu tanya warga. Rute lain adalah lewat daerah Sribit Dari Ngeplang Sentolo ke utara mengikuti arah ke Goa Kiskendo terus menuju ke arah Pasar Jonggrangan. Ada rute alternatif lain yang paling disarankan. Ambil arah ke Pasar Girimulyo, dari pasar setelah jembatan ambil ke arah Polsek Girimulyo terus ikuti jalan menuju ke Embung Kleco. Mampir dulu ke Embung Kleco terus dari Embung Kleco ambil arah utara terus lewati jalan tersebut nanti sampai ke Pasar Jongrangan.

Karena Curug Setawing adalah curug musiman jadi harus menunggu musim hujan untuk menikmati keindahannya. Objek ini menurutku masih belum siap jadi jaga selalu lingkungan sekitarnya, jangan pula merusak pepohonan yang dipakai warga untuk pakan ternak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts