Jumat, 06 November 2015

RIUNG


Kota kecil di tengah Pulau Flores. Kota ini cukup jauh dari pusat perekonomian utama 3 Jam dari Bajawa dan 3 jam dari Ende. Kota terdekat adalah Mbay yang berjarah sekitar 1 jam perjalanan. Kota kecil ini mempunyai sebuah objek wisata kelas dunia yaitu Taman Laut 17 Pulau. Tidak terkenal dan sangat jarang wisatawan lokal yang main ke Riung kebanyakan adalah turis asing. Pertama kali tahu mengenai Riung juga waktu pengumuman penempatan program SM-3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal). Mungkin kalau tidak ikut SM-3T juga gak bakal tahu tempat ini.
Riung terletak di sisi utara Pulau Flores dan langsung menghadap ke Laut Flores. Berada di dalam administrasi Kab. Ngada NTT. Penduduknya relatif beragam ada orang flores, bugis, selayar, bima dan jawa. Riung merupakan kecamatan yang paling banyak memiliki Masjid di Kabupaten Ngada karena sebagian penduduknya adalah orang muslim. Riung dapat dibagi menjadi dua lokasi yaitu Riung yang di pesisir dan Riung yang di Pegunungan. Penghasilan utama penduduknya adalah dari laut, penduduk bekerja sebagai nelayan dan juga di sektor wisata. Ada pula yang bekerja sebagai petani atau mengolah kopra.
Riung memiliki beberapa dermaga yaitu Dermaga Goloite, Dermaga Nagamese dan Dermaga Bekek. Dermaga Nagamese adalah dermaga yang dikhususkan untuk wisata di Taman Laut 17 Pulau.


Cerita singkat mengenai Riung, untuk lokasi wisata tunggu tulisan selanjutnya di Edisi SM-3T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts