Rabu, 10 Januari 2018

Dasar Pemrograman SMK: Konsep Dasar Pemrograman

Dalam komunikasi sehari-hari seorang harus berbicara dalam bahasa yang sama dengan orang tersebut. Hal ini berlaku juga untuk berkomunikasi dengan komputer. Kita harus menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer untuk memberikan suatu instruksi. Pada dasarnya, pemograman adalah kegiatan berkomunikasi/ memerintah komputer menggunakan bahasa pemograman. Sedangkan bahasa pemograman adalah teknik komunikasi standar untuk memberi perintah komputer.
Belajar memprogram adalah belajar tentang strategi pemecahan masalah, metodologi dan sistematika pemecahan masalah tersebut, kemudian menuangkannya dalam suatu notasi yang disepakati bersama. Pemograman lebih bersifat pemahaman persoalan, analisis, dan sintesis.
Belajar bahasa pemrograman adalah belajar memakai suatu bahasa, aturan sintaks (tata bahasa), setiap instruksi yang ada dan tata cara pengoperasian kompilator atau interpreter bahasa yang bersangkutan pada mesin tertentu. Instruksi harus diberikan kepada komputer agar dapat memecahkan suatu masalah. Langkah-langkah yang dilakukan untuk memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah inilah yang dinamakan pemrograman komputer. Pemrograman komputer bukanlah hal yang sederhana. Kegiatan ini memerlukan ketelitian, kesabaran, dan kemauan untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama.
Ada 3 tahapan proses dalam pemograman, yaitu:
·      Input, tahapan ini merupakan proses pemasukan data kedalam proses komputer melalui peralatan input.
·      Proses, tahap ini merupakan proses pengolahan data dari data yang sudah diinput berupa proses menghitung membandingkan, mengurutkan, mengklasifikasikan, mengendalikan dan mencari di storage.

·      Output, tahap ini merupakan proses untuk menghasilkan keluaran dari proses pengolahan data ke peralatan output berupa informasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan

loading...

Memasak Beras Menjadi Nasi atau Lontong di Alam Bebas

foto: nationalgeographic.co.id Sumber energi selalu kita butuhkan, apalagi saat kita berpetualang di alam bebas. Kebanyakan dari kita se...

Popular Posts